Senin, 29 Juli 2013

Mauna Kea : Gunung Tertinggi di Bumi

Semua orang mengetahui bahwa Puncak Gunung Everest (8.850 meter / 29.035 kaki di atas permukaan laut) adalah gunung tertinggi di bumi.

Namun fakta menunjukan bahwa Mauna Kea yang memiliki ketinggian 4,205 meter / 13.796 kaki diatas permukaan laut, yang terlihat jauh lebih rendah dibandingkan Gunung Everest. Tapi sebagian dari 'tubuh' Mauna Kea terdapat dibawah permukaan air laut dan jika diukur dari dasar  Mauna Kea mencapai tinggi lebih dari 10.000 meter, bandingkan dengan Gunung Everest yang hanya bertinggi 8.848 meter.

Mauna Kea adalah salah satu gunung berapi yang terdapat di pulau Hawaii. Dalam kepercayaan masyarakat Hawaii, puncak-puncak gunung di pulau Hawaii adalah tempat yang sakral, dan Mauna Kea adalah salah satu tempat yang paling suci. Sebuah hukum kuno menyatakan bahwa yang diperbolehkan mengunjungi puncak Mouna Kea hanya  kepala suku yang berpangkat tinggi. Masyarakat Hawaii kuno yang tinggal di lereng Mauna Kea mengandalkan hutan yang luas untuk mencari makan.

Dengan ketinggian, lingkungan yang kering, dan aliran udara nya yang stabil, puncak  Mauna Kea adalah salah satu situs terbaik di dunia untuk observasi astronomi, dan salah satu yang paling kontroversial. Sejak penciptaan akses jalan pada tahun 1964, tiga belas teleskop yang di danai oleh sebelas negara telah dibangun di puncak. Pada bulan April 2013, proyek pembangunan Teleskop sebesar tiga puluh meter disetujui, dan akan menjadi teleskop terbesar yang pernah dibangun. Konstruksi teleskop pada 'areal suci' dan penuh dengan spesies langka dan praktek-praktek budaya yang berkelanjutan, terus menjadi topik perdebatan dan protes.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar